Berita Terbaru Komputer – Merakit PC gaming bisa jadi solusi buat kamu yang ingin mencoba game next gen dengan bujet terbatas. Game terbaru perlu diimbangi dengan kualitas hardware yang sama pula. Oleh karena itu, merakit PC gaming menjadi kebutuhan penting bagi para gamers masa kini. Sayangnya, banyak yang belum terlalu paham dengan cara merakit PC. Padahal PC gaming murah tetap bisa mendukung kebutuhan gaming beberapa tahun ke depan. Bagi anda yang ingin merakit PC murah, kali ini kami akan membagikan beberapa tips yang perlu anda perhatikan untuk mulai membuatnya.

Tips Merakit PC Gaming Sendiri Dengan Benar Anti Gagal

  1. Perkirakan Budget Maksimum Untuk Rakit Gaming PC

Cara merakit PC gaming sebenarnya cukup rumit karena Anda tidak hanya harus dapat menginstal setiap komponen dengan benar, tetapi juga banyak perhitungan yang harus dilakukan. Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam proses merakit komputer gaming adalah budget yang Anda miliki. Ini adalah hal pertama yang benar-benar harus Anda perhitungkan.

Batasan anggaran sangat penting karena jika tidak dibatasi bahkan Rp. 100 juta bisa digunakan untuk merakit PC gaming. Batasan anggaran ini juga akan berkaitan dengan jenis komponen apa yang dapat Anda pasang, dan jenis alternatif yang lebih murah. Tentukan budget maksimal yang akan Anda keluarkan untuk proses perakitan komputer gaming yang akan dibuat, dan setelah itu sesuaikan komponen-komponen tersebut sesuai dengan budget yang telah dialokasikan.

  1. Tentukan target merakit PC Gaming

Hal lain yang harus Anda tentukan saat mulai merakit PC gaming adalah PC target yang akan dibuat. Intinya targetnya adalah game seperti apa yang ingin anda mainkan dengan PC asal anda, stabil pada berapa FPS, dan tidak akan diupgrade lagi untuk berapa tahun. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas Anda akan menemukan gambaran yang lebih jelas tentang seperti apa PC gaming Anda nantinya. Target ini bisa anda copy dari system requirement game triple A terbaru.

Dimana biasanya memainkan game ini di setting yang direkomendasikan membutuhkan spesifikasi yang mumpuni. Anda akan dapat mengandalkan spesifikasi seperti ini selama 3 hingga 5 tahun ke depan. Untuk merakit komputer game anggaran, Anda dapat menyalin persyaratan sistem dari game yang ingin Anda mainkan. Hal ini sebenarnya masih terkait dengan poin-poin terkait anggaran di atas. Kalau cuma mau main game Triple A dengan setting grafis low-medium di <60 FPS banget sih game PC murah hingga Rp 7 jutaan sudah cukup.

  1. Pemilihan Komponen PC

Setelah menentukan budget dan target, langkah selanjutnya dalam cara merakit PC gaming adalah memilih komponen yang paling sesuai. Menghitung kesesuaian komponen ini sebenarnya agak sedikit rumit karena Anda tidak hanya mencari spesifikasi komponen saja, tetapi juga membandingkan harga merk A dengan merk lain. Harga komponen sejenis dengan merk yang berbeda juga akan memiliki harga yang berbeda pula. Perbedaannya bahkan bisa sampai 2 kali lipat. Disini anda harus jeli dalam melihat kelebihan dan kekurangan komponen dengan merk tertentu. Berikut beberapa komponen penting yang harus diperhatikan untuk Anda.

  • Prosesor
  • VGA
  • Motherboard
  • RAM
  • HDD dan SSD
  1. Hitung Beban Daya Sebelum Mulai Merakit PC Gaming

Setelah memilih semua komponen penting dalam versi PC gaming rakit murah terbaik Anda, langkah selanjutnya adalah menghitung daya yang dibutuhkan dan Power Supply yang paling sesuai. Anda dapat menggunakan aplikasi Raft PC di Play Store untuk ini. Aplikasi ini secara otomatis akan menghitung besarnya daya yang dibutuhkan untuk setiap komponen yang Anda pilih.

Setelah Anda mengetahui Wattnya, pilihlah PSU yang paling sesuai yang bisa Anda beli dengan mempertimbangkan kualitas dan tentunya budget awal Anda. Misalkan PC Anda dan semua komponennya membutuhkan daya 350 Watt. Artinya, kamu harus membeli power supply dengan daya 450 – 500 Watt biar lebih aman, geng. Akan lebih baik lagi jika catu daya pilihan Anda memiliki efisiensi 80+ dan memiliki sertifikasi Perunggu minimum.